3.jpg
HomeBeritaMenjadi Mudah Dengan Konsorsium

Menjadi Mudah Dengan Konsorsium

Ada yang berbeda di jajaran direksi Bank Muamalat periode 2009 – 2014 pasalnya sejak berdiri 1993, jajaran direksi bank syariah pertama itu selalu didominasi laki laki. Namun pada periode ini ada direksi dari kaum hawa ia adalah Luluk Mahfudah, wanita yang hoby membaca ini mengemban amanah menjadi direktur commercial banking.

Terkait dengan kerjasama antara bank muamalat dengan PT. Madani Karsa Mandiri (MKM) selama ini, Bank Muamalat telah mempercayakan MKMmenjadi partner dalam menentukan asuransinya. Dengan demikian, bank Muamalat menjadi lebih focus dengan core bussines.


Berikut petikan wawancara Agus Yuliawan dengan Ur.Luluk Mahfudah,MM.
Bagaimana Ibu menilai Konsorsium yang di gelar PT Madani Karsa Mandiri ?

“ sebelumnya kami selaku direksi Bank Muamalat berterimakasih adanya konsorsium asuransi yang dihimpun dan di fasilitasi oleh MKM, karena ini memudahkan kami dalam menjalin kerjasama dan sekaligus menentukan kesepakatan (deal) dalam menentukan asuransi mana yang sesuai dengan kebutuhan Bank Muamalat.
Bayangkan dengan tiadanya konsorsium yang dihimpun oleh MKM, berapa perusahaan asuransi yang setiap hari datang ke tempat kami mem presentasikan produknya. Begitu pula beberapa lama kami harus membuat keputusan keputusan terkait membuat penentuan tarif yang di tawarkan oleh perusahaan asuransi. Tapi dengan adanya konsorsium asuransi tak ada semua itu, kami dengan leluasa menggunakan satu pintu melalui MKM bisa memilih asuransi syariah mana yang sesuai dengan kebutuhan kami, kami cukupmelalui MKM sudah mampu melihat berapa tarif harga polis dan manfaatnya bagi nasabah bank. Itulah alasan kami mengapa menjalin kerjasama dengan MKM.

Apa Manfaat secara spesifik buat Bank Muamalat ?

Secara spesifik selain manfaat kerjasama dengan konsorsium adalah sistem real time yang selama ini dimiliki oleh MKM. Hak ini sangat klaim segala macam pembiayaan pada proses nasabah karena sistem MIA memberikan ntegrasi secara online dalam mengurus klaim asuransi dari nasabah Bank Muamalat ke perusahaan asuransi secara cepat dan mudah. Hal ini memudahkan kami dari segi waktu dan kinerja.
Disamping itu dari segi administrasi, kami melihat ada perubahan besar pada diri kami dimana sebelumnya kamu hars bawa banyak dokumentasi dari nasabah, tapi kini sangat ringan sekali, cukup dengan dokumentasi dokumentasi prasyarat dalam klaim serta berkomunikasi dengan MKM secara real time langsung cepat di respon. Nak tentu saja , hal ini menjadikan dari segi administrasi kami mengurusi masalah klaim pembiayaan sangat rapi dn ini sesuai degan tuntutan dari segi administrasi kami untuk mengurusi masalah klaim pembiayaan sangat rapi dan ini seuai dengan tuntutan dari corporate dalam menunang good governance dalam memberikan layanan pada para nasabah.

Dengan menggunakan MIA berapa lama proses waktu yang di butuhkan ?

Sangat cepat sekali dan tak berbelit belit mengurusnya, asal dokumentasinya sesuai dengan prasyarat secepatnya bisa tercover. Tapi jika tanpa menggunakan MIA kami bisa menunggu waktu satu bulanatau satu setengah bulan untuk keluar hasil klaim nya. Itulah enaknya jika menggunakan sistem MIA.

Sudah berapa lama Bank Muamalat menggunakan jasa Layanan MIA ?

Allhamdullilah kami menggunakan jasa tersebut sudah satu tahun dan kami benar benar merasakan betapa efisiennya menggunakan jasa layanan MIA tersebut.

Apakah Cabang Bank Muamalat sudah terkoneksi dengan layanan MIA?

Sudah, hampir semua cabang Bank Muamalat di tanah air ini sudah terkoneksi dengan layanan MIA, dan sudah banyak pula dari cabang yang mengajukan klaim dari para pemilik nasabah Bank Muamalat ke MKM. Untuk menyempurnakan penggunaan fasilitas MIA kami bersama MKM terus melakukan pelatihan pada karyawan kami dalam pengoprasian MIA.

Dari Segi biaya dan service, bagaimana menurut ibu?

Kami rasa jika bicara kontribusi (rate) premi,kamirasa sesuai dengan apa yang kami peroleh jadi tentang masalah harga sebanding dengan kinerjanya. Mengeai service, selama ini kamu baru berjalansatu tahun , tentunya belum begitu maksimal hal ini tak lepas dari komunikasi yangbaru berjalan . mungkin selanjutnya akan terjadi komunikasi yang intens antara Bank Muamalatdengan MKM dalam memanfaatkan MIA tersebut. Dari sini nantinya service akan di peroleh secara maksimal, kami ras masalah service bisa berjalan sesuai dengan komunikasi yang di jalankan.

Apa harapan anda atas kerjasama ini ?

Kami berharap kerjasama dengan MKM terus berlanjut begitu halnya dengan para konsorsium asuransi syariah semoga anggotanya lebih banyak lagi sehingga akan mendorong berbagai prosuk prosuk inovatif yang bisa ditawarkan pada bank Syariah.

CS Online

Anggi

Visitor Counter

web counter